Wednesday, June 15, 2011

Menghindari Stres Dalam Pernikahan

Stres dalam pernikahan memang akan sering muncul. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindarinya. Ini dia!

Salah satu cara menghindari stres dalam pernikahan adalah dengan cara meminimalkan masalah yang timbul. Berikut beberapa kiat dari Helium yang bisa Anda lakukan.

1. Komunikasi

Jangan pernah menutup jalur komunikasi, bagaimanapun marahnya Anda pada pasangan. Menutup komunikasi adalah langkah pertama Anda dalam menghancurkan pernikahan. Selalu bicarakan pada pasangan apa yang Anda rasakan. Berikan ia kesempatan untuk mengerti perasaan Anda.

2. Jangan mengekang
Sudah berkeluarga bukan berarti Anda harus mengekang kegiatan pasangan. Biarkan ia memiliki hidupnya sendiri. Ketimbang mengekang, lebih baik membaurlah pada lingkungan pasangan. Mengenali lingkungan kerja, hobi dan sahabat pasangan akan membuat Anda lebih tenang.

3. Berkompromi

Dalam pernikahan, tak ada lagi “saya” atau “kamu”, yang ada hanya “kita”. Oleh karena itu, untuk segala hal, Anda juga harus berkompromi dengan pasangan. Jangan sampai timbul salah paham yang bikin hubungan Anda malah berantakan.

4. Saling menghargai
Dalam kondisi emosional seperti apa pun, jangan pernah merendahkan pasangan Anda. Perilaku saling merendahkan hanya akan membuat fondasi rumah tangga Anda hancur. Sebuah hubungan tak akan langgeng jika Anda dan pasangan tak lagi saling menghargai.

5. Membuat perencanaan keuangan
Banyak penelitian membuktikan, penyebab perceraian yang paling populer bukanlah perselingkuhan atau perbedaan nilai-nilai. Justru masalah keuanganlah penyebabnya. Untuk menghindari konflik karena masalah keuangan, bikinlah perencanaan yang jelas bersama pasangan. Yang paling utama, Anda dan pasangan harus saling jujur, termasuk dalam hal keuangan. Dengan begitu, konflik dapat dihindari. 
Selamat mencoba!
Baca juga artikel yang terkait  Perilaku Yang Merusak Hubungan

No comments:

Post a Comment