Monday, June 13, 2011

Berenergi Dengan Aktivitas Fisik Sehari-Hari

TRIBUNNEWS.COM - Banyak orang mengeluh tidak sempat olahraga sehingga badannya gampang gemuk dan tidak bertenaga. Padahal, menurut Profesor James Levine dari Mayo Clinic, sebenarnya mereka dapat selalu berenergi dengan melakukan aktivitas fisik sehari-hari.
"Dengan mengganti beberapa kebiasaan rutin, Anda bisa menghemat uang sekaligus membakar lemak. Tidak perlu sampai mendaftar ke gym," kata Levine.
Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dianjurkan Profesor James Levine:
Di rumah
Jangan tunggu sampai sampah menumpuk di dalam rumah. Segera kumpulkan jadi satu, lalu bawa ke luar untuk dibuang ke tong sampah. Sesekali, ambil alih beberapa tugas asisten rumah tanggadan bereskan rumah sendiri. Kegiatan bersih-bersih selama 40 menit sudah dapat membakar sekitar 540 kalori! Curi waktu di antara jeda iklan. Begitu film seri favorit diselingi iklan, jangan hanya duduk dan menunggu. Sibukkan diri dengan berjalan mengelilingi ruangan, mengambil sesuatu dan membereskan ruangan, atau melakukan gerakan stretching dan squat.
Di kantor
Lupakan kecanggihan teknologi. Datangi teman Anda langsung ke mejanya, alih-alih menggunakan e-mail, telepon, atau bicara dengan suara keras dari jarak jauh. Kurangi penggunaan lift. Ganti dengan naik-turun tangga. Jika Anda bekerja di gedung yang tinggi, berhentilah beberapa lantai sebelum kantor Anda, dan lanjutkan perjalanan dengan menaiki tangga. Begitu juga saat pulang kantor.
Di mana saja, kapan saja
Bergeraklah setidaknya 5 menit untuk setiap jamnya. Kalau perlu, buat alarm di ponsel Anda. Selama 5 menit itu, lakukan stretching, atau berjalan ke kamar mandi, atau sekadar mengisi botol minum. Pastikan 5 menit itu benar-benar digunakan sepenuhnya. Begitu kembali beraktivitas, pikiran Anda akan jadi lebih segar.
Sedang menunggu kereta? Apabila peron sedang sepi, Anda boleh saja berjalan menyusurinya bolak-balik sebanyak beberapa kali. Selain mengusir rasa bosan menunggu, Anda juga jadi lebih bugar!

No comments:

Post a Comment