Thursday, June 30, 2011

Air Hangat Bisa Berperan Sebagai Pengganti Pasangan.

 Jika merasa kesepian, segeralah berendam di air hangat. Hal ini sangat membantu Anda mengusir perasaan tak nyaman itu. Bagaimana bisa?
Hasil studi terbaru menemukan, berendam di air hangat dalam waktu cukup lama bisa membantu menghilangkan rasa terisolasi dan dikucilkan. Riset yang dilakukan Yale University ini menunjukkan, air hangat bisa berperan sebagai pengganti pasangan.
Melalui mandi atau berendam air hangat, para korban kesepian bisa menghilangkan berbagai perasaan tak nyaman itu. Makin besar rasa terisolasi seseorang, makin besar keinginan untuk berendam atau mandi air hangat dalam waktu yang lebih lama dan suhu yang lebih panas.
Peneliti meminta 400 sukarelawan usia 18-65 membuat catatan harian mengenai kebiasaan mandi mereka dan menuliskan apa yang mereka rasakan setelah mandi atau berendam air hangat.
Hasilnya, ilmuwan memastikan adanya hubungan antara hangat fisik dan hangat sosial yang datang dari teman dan keluarga. Ilmuwan mengklaim, asosiasi ini melekat di otak sejak bayi. Hal inilah yang menjelaskan mengapa manusia cenderung memilih hal yang bersifat hangat.
“Pengalaman hangat secara signifikan mengurangi tekanan dari perasaan dikucilkan di kehidupan sosial,” isi hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal psikologi Emotion. Makin kesepian seseorang, keinginan menggantikan kehangatan sosial dengan kehangatan fisik makin besar.
Temuan ini mendukung hasil studi di Kanada yang menemukan, partisipan yang merasa kesepian memiliki tubuh yang cenderung terasa lebih dingin
Dikutip dari Inilah.com

No comments:

Post a Comment